Usia Blog Cikgu Zaman

Daisypath Anniversary tickers

Rabu, Disember 15, 2010

Hari Asyura

Hari ini 15 Disember 2010M bersamaan 9 Muharram 1432H.

Banyak blog menceritakan tentang 10 Muharram. Oleh itu saya catatkan pada hari ini supaya umat Islam dapat melakukan sunah yang dilakukan oleh Rasulullah s.a.w.


Hari Asyura (عاشوراء ) adalah hari ke-10 pada bulan Muharram dalam kalender Islam. Sedangkan Asyura sendiri bererti ke sepuluh.

Hari ini menjadi terkenal karena bagi kalangan Syi'ah dan sebagian Sufi merupakan hari berkabungnya atas kesyahidan Husain bin Ali, cucu dari Nabi Islam Muhammad pada Pertempuran Karbala tahun 61 H (680). Akan tetapi, Sunni meyakini bahwa Nabi Musa berpuasa pada hari tersebut untuk mengekspresikan kegembiraan kepada Tuhan karena kaum Yahudi sudah terbebas dari Fira'un (Exodus). Menurut tradisi Sunni, Muhammad berpuasa pada hari tersebut dan meminta orang-orang pula untuk berpuasa.

Baca lebih lanjut. Klik di sini.

Selanjutnya ada keterangan berkenaan perkara yang disunatkan pada 10 Muharram.

Baca lebih lanjut. Klik di sini.

Dari Abu Qatadah Al-Anshari r.a. katanya Rasulullah s.a.w. ditanya orang tentang puasa Hari Arafah (9 Zulhijjah). Jawab baginda, "Semoga dapat menghapus dosa tahun yang lalu dan yang akan datang". Kemudian Nabi ditanya pula tentang puasa Hari Asyura (10 Muharram). Jawab baginda, "Semoga dapat menghapus dosa tahun yang lalu". (Sahih Muslim)

Baca lebih lanjut. Klik di sini.


Tiada ulasan:

Catat Ulasan

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails